TIPS MEMBANGUN GEDUNG

TARGET KEGUNAAN GEDUNG

Gedung yang baik dalam proses pembangunanya harus fokus dengan target gedung itu bakal digunakan jadi apa atau dimanfaatkan untuk apa bangunan gedung itu dibangun. Jika gedung itu dibangun untuk ruang olahraga, maka bangunan harus dikususkan untuk kegiatan olahraga, fungsi fungsi dari setip bagia bangunan harus sesuai dengan tujuan awal gedung itu dibangun.

Jadi yang harus direncanakan saat membangun gedung di awal adalah fungsi gedung nantinya ketika sudah jadi. Ketika fungsi gedung sudah jelas, maka anggaran bisa mulai disusun tentunya dengan menyesuaikan bagian bagian dari gedung itu.

MEMILIH LOKASI PEMBANGUNAN

Lokasi gedung harus singkron juga dengan tujuan awal pembangunan gedung. Misalkan gedung akan digunakan untuk olahraga, maka sebisa mungkin lokasi pembangunan yang dekat dengan jalan raya, dan juga dekat dengan akses fasilitas kesehatan, untuk tempat olahraga, parkir juga sangat penting. Parkir untuk kendaran roda dua ataupun roda empat juga harus luas, kecuali kalau gedung itu untuk tempat olahraga pribadi.

Jika untuk gedung olahraga pribadi, makan berikut ini yang harus mulai difikirkan dalam memilih lokasi:
1. Misalkan lantai bertinggkat, maka tentukan lokasi lantai berapa yang bagus untuk dibangun ruangan olahraga itu. ini akan berhubungan dengan kekuatan bangunan dan akses ke gedung itu, mudahnya akses dan keamanan jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.
2. Misalkan ruangan tersendiri diluar rumah, pikirkan juga akses keselamatan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bukan berarti berharap yang buruk, tapi ketika misalkan gedung dibangun ditempat yang sulit akses terhadap pertolongan pertama pada sesuatu yan tidak diinginkan, maka itu bisa sangat membahayakan kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Gedung kan tidak hanya gedung olahraga?. iya. Gedung tidak hanya gedung olahraga, misal gedung itu bangunan untuk ruko, maka yang penting adalah deket jalan raya dan ramai masyarakat lalu lalan, hehehe.

Tapi pada prinsipnya sama kok. yang penting pikirkan dulu matang matang lokasi dimana gedung itu akan dibangun, tentunya sesuai dan singkron dengan tujuan gedung itu dibangun. misalkan ruko ya pilih lokasi yang sesuai dan bagus untuk perkembangan toko, ingin jualan apa ruko itu. dan jangan lupa aspek keamanan geung berdasarkan lokasi juga sangat penting, seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi.

MENGOPTIMALKAN FUNSI GEDUNG

Jika fungsi gedung dan lokasi sudah dipilih, maka berikutnya mulai memikirkan pengoptimalan fungsi gedung.
Gedung harus optimal segala yang ada didalamnya berdasarkan fungsi sesuai dengan partisi bangunan itu dibuat.

Misalkan gedung itu tempat olahraga, maka ruangan didalamnya juga harus berorientasi pada penunjang kegiatan olahraga, misalnya:

  1. Gedung Volly.
    Fungsikan setiap ruangan sesuai dengan kebutuhan kegiatan volly (Tempat penonton, Ruang ganti, Kamar mandi, Penutup gedung jika pingin aman dari hujan, kalau terbuka arah cahaya matahari juga harus difikirkan).
  2. Gedung stadion bola.
    Beda volly beda lagi sepak bola, kalau gedung sepak bola ya harus menyesuaikan dengan kebutuhan fungsi ruangan untuk sepak bola. kalau sepakbola mini yang harus menyesuaikan dan dibeakan dengan sepakbola stadion. (sepak bola min = putsaaaalt, hahahaha).

Untuk gedung gedung yang lain tinggal disesuaikan saja fungsinya. dan konsultasikan dengan arsitek yang mungkin punya ide yan belum terfikirkan oleh kita.

MEMILIH BAHAN YANG BERKUALITAS

Tahap berikutnya memilih kualitas bahan bangunan, disesuaikan dengan anggaran yang kita pakai, tapi jangan sampai mengorbankan aspek keamanan gedung. kalau anggaran terbatas tapi pingin kualitas bagus, ya bisa dibangun secara bertahap. tapi jika ingin bangunan langsung selesai bisa ukuran gedungnya disesuaikan dengan anggaran, dan kurangi fasilitas yang tidak berhubungan dengan keamanan. Intunya jangan ambil resiko di aspek keamanan, aspek yang lain bisa dipikirkan nanti, terutapa yang tidak begitu penting.

Apa aspek yang berhubungan dengan kualias keamanan?
Contoh aspek yang berhubungan dengan keamanan adalah kualitas beton penyangga gedung, atau sering disebut pondasi. contoh lain atap yang kokoh, jangan sampai atap gedung dikurangi kualitasnya, bisa berbahaya. apalagi pondasinya.

Apa saja yang bisa dikurangi kwalitasnya, atau dibangun belakangan?
Contoh yang bisa dikurangi kwalitasnya:
1. Cat ruanagn.
2. Besi yang polos saja, ketika yang ukiran mahal.
3. Kayu yang polos, ketika yang ukiran mahal.

Apa saja yang mungkin dibangun belakangan?
1. Atap penutup ruangan.
2. Kursi penonton.
3. Fasilitas kamar mandi yang berlebihan.

MEMILIH ORANG YANG AHLI DALAM MEMBANGUN

Orang yang tepat sangat penting dalam proses pembangunan, agar bangunan sesuai dengan keinginan kita. yang paling penting adalah berikut:

  1. Arsitek. Arsitek menjadi sangat penting karena semua rencana anggaranbiaya dan model detailnya harus difahami arsitek. arsitek yang akan membantu menghitung anggaran gan gambaran gedung nanti bagaiman.
  2. Mandor. Mandor sama arsitek biasanya satu paket, jika tidak satu paket maka mandor harus dipilih orang yang punya kemampuan yang cukup baik.
  3. Tukang dan kuli, Tukang sangat penting, karena dari beliau para tukang bangunan dibuat. Banyak tukang yang punya kemampuan mumpuni. Kuli juga sangat penting, pekerjaan kuli sangat berpengaruh dengan produktifitas tukang. biasanya beliau para tukang dan kuli sudah mampu memahami gambaran bangunan yang mau dibangun, tinggal disingkronkan dengan mandir saja.

EVALUASI DI SETIAP PROSES PEMBANGUNAN GEDUNG

Evaluasi sangat pentng, biasanya bahan bangunan naik saat dalam proses pembangunan. itu butuh evaluasi berkala biar kalau terjadi pembengkakan biaya, segera terdeteksi.
Evaluasi juga berguna untuk mengontrol gedung agar tetep pada trek yang ingin kita bangun dan kita harapkan. jangan sampai pembangunan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. kita pasti ingin semua sesuai harapan. tapi jika ada perbaikan yang lebih baik, evaluasi juga bisa digunakan untuk proses perubahan rencana itu. misal bahan ada yang lebih murah dan bagus, maka evaluasi bahan sangat diperlukan.

JANGAN LUPA OPSI PENGEMBANGAN GEDUNG

Opsi pengembangan gedung juga penting, nanti kalau gedung sudah jadi dan pingin dikembangkan makan kira kira pengembangannya bagaimana. dan proses pembangunannya saat ini disesuaikan dengan itu.